Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 216 dan 217 Literasi 6

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 216, 217 -Pembelajaran Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 4 Literasi 6.

Buku Siswa yang digunakan sebagai sumber belajar dikelas 5 merupakan buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013(K13) Edisi Revisi Terbaru.

Dalam Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 4 Literasi 6 Halaman 215-217 terdapat beberapa latihan soal yang harus dikerjakan siswa di semester 2. Untuk membantu menemukan jawaban yang tepat berikut kami bagikan alternatif  jawaban.

Literasi 6

Pelajaran untuk Mira
Penulis: Dyah Laksmi Nur Jannah

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 214

Pagi itu, di sebuah rumah yang terletak di pinggiran Jakarta, Mira sedang duduk di ruang makan untuk sarapan. Ia makan dengan segan. Dengan mulut cemberut, diaduk-aduknya nasi dan tumis tahu di depannya. Huh, aku kan ingin makan ayam goreng tepung, bukan tumis tahu, gerutunya dalam hati.

“Kok, lauknya diaduk-aduk, Mir?” tegur Ibu. Tangan Ibu sibuk memasukkan kotak bekal ke dalam tas sekolah Mira, “Ayo, dimakan! Sebentar lagi waktunya berangkat, lho.”

“Mira tidak nafsu makan, Bu. Mira mau jajan di sekolah saja!” serunya.
Lalu, Mira berpamitan kepada ibunya dan beranjak keluar rumah. Ibu
hanya menarik napas panjang sambil menggeleng-geleng. Memperhatikan kepergian Mira dengan sepedanya.

“Kenapa cemberut, Mir?” tanya Ratna, teman sebangkunya, ketika Mira baru saja duduk di sebelahnya.

“Saya kesal kepada ibuku. Kemarin aku sudah bilang mau sarapan dengan ayam goreng. Tapi, tadi pagi, ibu malah masak tumis tahu,” jelas Mira kesal.

Ratna hanya diam mendengar keluhan Mira.

Saat istirahat tiba, Mira membuka kotak bekalnya. “Yah, tumis tahu lagi,” gumamnya kecewa. Ternyata, bukan cuma buat sarapan. Untuk bekal makan siang di sekolah pun, ibunya hanya menyiapkan tumis tahu.

Ratna menoleh dan menatap kotak bekal Mira, “Kelihatannya enak, Mir.”
“Kamu mau? Nih, makan saja,” Mira menyodorkan kotak bekalnya.
“Beneran ini buat saya?” tanya Ratna, “Kamu tidak lapar?”
Mira hanya menggeleng. Dipandanginya Ratna yang lahap menyantap bekalnya.

Sembari makan, Ratna pun bercerita. Dahulu, ibunya selalu memasak tumis tahu kesukaannya. Terkadang, jika ada uang lebih, barulah ibunya Ratna memasak ikan atau ayam.

“Sudah lama saya belum lagi makan tumis tahu seenak ini. Rasanya seperti buatan ibuku,” ucap Ratna mengakhiri ceritanya.

Mendengar penuturan Ratna, Mira diam-diam merasa iba. Ia tahu ibunya Ratna sudah meninggal sekitar satu tahun yang lalu.

“Karena ayah sibuk bekerja, saya yang memasak untuk ayah dan saya sendiri di rumah. Seringnya sih, saya menggoreng tempe atau tahu karena saya baru bisa masak itu,” jelas Ratna sambil kemudian menatap Mira. “Kamu beruntung, masih mempunyai ibu, Mira!”

Mira tercenung mendengar kata-kata Ratna itu. Ya, ia memang beruntung.
Masih memiliki ibu yang selalu merawatnya dan menyediakan semua keperluannya.

Seharusnya tadi saya menghargai jerih payah ibu yang telah memasak makanan untukku meskipun hanya tumis tahu, sesal Mira kemudian dalam hati.

Saat itu juga, Mira merasa ingin segera pulang dan hendak menemui ibunya. Mira ingin minta maaf atas sikapnya tadi pagi kepada ibu. Ia juga ingin berterima kasih kepada ibunya untuk semua kebaikan hati beliau merawat dan menyayanginya selama ini.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 216, 217

Gunakan tabel berikut ini untuk membantumu menjelaskan isi cerita di atas.
Lalu, ceritakanlah isi cerita di atas kepada teman-teman dalam kelompokmu!

 

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 216
Alternatif Jawaban :
Judul Cerita : Pelajaran Untuk Mira
Pengarang : Dyah Laksmi Nur Jannah
Tokoh Utama: Mira
Tokoh lain: Ibu Mira dan Ratna

Di manakah cerita ini terjadi? Di pinggiran jakarta

Apa yang terjadi dengan tokoh utama? Mira enggan makan sarapan yang dibuat ibunya.

Mengapa hal itu terjadi? Mira kurang menghargai jerih payah ibu yang telah memasak makanan untuknya.

Bagaimana masalah dalam cerita ini diselesaikan? Setelah mendengarkan cerita ratna, Mira menemui Ibunya untuk meminta maaf dan juga berterima kasih kepada Ibunya karena telah merawat dan menyayanginya selama ini

Kapankah waktu terjadinya cerita ini? Pada saat jam istirahat sekolah.

Pesan apakah yang kamu dapatkan dari cerita di atas? Salah satu kewajiban kita kepada orang tua adalah menghargai jerih payah mereka.

Negeri kita kaya akan budaya dan karya seni, termasuk lagu daerah dan karya seni tari. Pilihlah salah satu lagu daerah dan tari yang berasal dari Betawi atau dari daerah di Indonesia yang belum pernah kamu kunjungi. Carilah informasi tentang keduanya dari berbagai sumber yang tersedia. Lalu gunakan tabel berikut ini untuk mengerjakannya sesuai pertanyaan yang tersedia.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 218
Alternatif Jawaban :
Nama Lagu Daerah : Gundul-gundul pacul
Asal : Jawa Tengah
Lirik lagu :
Gundul gundul pacul cul Gembelengan
Nyunggi nyunggi wakul kul Gembelengan
Wakul ngglimpang Segone dadi sak latar
Wakul ngglimpang Segone dadi sak latar

Dimainkan pada tangga nada: Pelog

Makna Lagu :
Gundul-gundul cangkul, tidak hati-hati membawa bakul dikepala sehingga bakul terguling nasinya tumpah sehalaman.

Nama Tari Daerah : Tari Salam
Asal : Aceh
Pola Lantai : Lurus(horizontal )
Makna Tari : Melambangkan hubungan manusia dengan Tuhan yang vertikal dan hubungan dengan sesama manusia yang horizontal.

Demikianlah artikel tentang Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 216, 217- Kelas 5 Tema 6 Panas dan Perpindahannya Subtema 4 Literasi 6 dari kami. Semoga dapat menambah motivasi belajar dan mempermudah dalam pemahaman materi. Jika ada pertanyaan anda bisa langsung Contact atau bisa dengan mengisi kolom komentar, Terimakasih.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Halaman 216 dan 217 Literasi 6"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel